Kalo kita lihat dengan seksama alur kunci nya mirip sekali bentuk kunci kendaraan honda ,baek dari tebal kuncinya juga sisi geriginya ,hanya yg saya liat disini perbedaannya cuma di alur tengah seperti kalenan (bhasa jawa)ada garis berlubang lurus kurang lebih 4 cm.
Sedangkan dalam proses duplikat kuncinya kami juga memake mata bor 2 ukuran,1mm dan 2,5 mm.
* Untuk matabor 1mm gunanya untuk mengebor bagian tengah garis agar hsailnya menjadi lubang panjang lurus ,bagian tersebut manfaatnya untuk jalan masuk kuncike lubang rumah kunci,dari hal ini pun dalam mengebor titik mst persisi biar letaknya tepat di tengah" dan gak miring.hal yang kemungkinan terjadi klo tidak pas ,membuat kunci susak atau seret ketika masuk silinder kontak.
* Selanjutnya untuk mata bor ukuran 2,5 mm berfungsi, membuat ukiran bagian kanan dan kiri anak kunci posisi atas dan bawah ,ada dua muka yg wajib di ukir biar kunci bisa di gunakan,klo misalnya hanya satu sisi saja ini gk kan mungkin juga bisa di pakai buat memutar kontak.bisa di bilang duplikat kunci model cbr baru ini tambah 1 poin ribetnya hehe...
Setelah proses duplikat selsai ,kita ukur dulu kmedalaman ukiran dan garis tengah yg di bikin tadi sudah sesuai kunci aslinya atau blom ,klo geser atau gak tepat kita seting dulu mesin kunci bornya ,mengingat yg namanya mesin klo sering di gunakan bisa saja baut dudukan jadi kendor ,mengakibatkan tempat penjepit bergeser dari setingan awal.
Kembali sesudah terukur tepat ,boleh coba untuk memasukan kunci ke tangki bensin..mengapa mesti ke tangki bensin ?karena tangki bensin sendiri sering yang nmanya macet atau berkarat,kena hujan ataupun penguapan bensin dalam tangki motor,dari pengalaman beberapa kali saya temui ,kunci orynya aj bisa patah dalam tangki..karna kotoran yg menghambat lubang,hal tersebut di sebabkan kurang kehati-hatian dan maen putar aja.
Perlu kami kasih himbauan ,klo kunci di tangki macet atau susah masuk bs di kasih pelumas anti karat dulu,sekiranya karat dan kotoran meluber.baru kita boleh putar pake kunci.dan pastinya akan lebih enak mutarnya sebelum di semprot minyak.
Putarnya juga harus pake perasaan jangan buru" atau dipaksa,kalo sudah bisa mutar lancar ,kita arahkan kunci ke kontak buat menghidupkan mesin ,ke kontak ok sudah di pastikan ke lubang jok juga mntap..
Sampai di sini dulu mungkin sedikit cerita dan tutorialnya ,semoga bermanfaat 🙏
😀
Tidak ada komentar:
Posting Komentar